ANALISA PAKET DAN CABLING : Tutorial Wireshark, FIlezilla dan pemrograman socket

Tutorial Wireshark

Image

WIRESHARK adalah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang dipakai oleh orang – orang yang bekerja di bidang jaringan yang ingin melihat atau menganalisa paket jaringan, pengembangan protokol jaringan serta edukasi bagi yang ingin memperdalam ilmu nya dalam jaringan komputer. Yang menjadi kelebihan bagi wireshark adalah lisensi nya yang free alias open source. Tentu hal ini sangat menarik minat orang untuk menggunakan aplikasi ini bagi pekerjaan di bidang jaringan. Selain itu Wireshark juga dibuat dengan berbasiskan GUI yang cukup baik dan bagus.

Aplikasi ini juga dapat menangkap paket-paket data/informasi yang ada dalam jaringan yang kita ingin liahat. Semua jenis paket informasi dalam berbagai format protokol pun akan dengan mudah ditangkap dan dianalisa. Karenanya tak jarang tool ini juga dapat dipakai untuk sniffing (memperoleh informasi penting spt password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang berseliweran di dalam jaringan dan menganalisanya.Sekarang saya langsung saja membahas sedikit cara kerja dari wireshark ini

Wireshark mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :

  1. Tersedia buat Linux dan Windows
  2. “Menangkap” / Capture paket data secara langsung dari sebuah network interface
  3. Mampu menampilkan informasi yang sangat detail mengenai hasil capture tersebut
  4. Bisa Import dan Export hasil capture dari atau ke komputer lain
  5. Pencarian paket dengan berbagai macam kriteria filter.

Cara menggunakan program ini adalah:

1. Jalankan program.

Image

2. Pada tampilan awal program, pilih interface network device yang aktif , lalu klik Start.

Image

3. Buka suatu halaman web dalam web browser, lalu kembalilah ke jendela program wireshark.

4. Setelah itu, program secara otomatis meng-capture/menangkap berbagai macam paket data yang lalu lalang melalui interface tersebut.

Image

Tutorial FileZilla

Image

FileZilla adalah program aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. Versi terbaru program ini adalah FileZilla 3.5.3, yang dirilis pada tanggal 08 Januari 2012. Software FileZilla dibuat dan dikembangkan oleh Tim Kosse. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kecepatan dan kemudahannya dalam melakukan transfer file. Jendela aplikasi terbagi menjadi dua, satu untuk menampilkan file dan folder di komputer lokal, dan satu lagi untuk menampilkan file dan folder di komputer server. Anda cukup melakukan drag dan drop untuk mentransfer file dari komputer ke server jaringan/internet, atau sebaliknya. Melalui fitur Site Manager, Anda bisa menyimpan akun dan alamat beragam server FTP, dan menggunakannya secara cepat dan mudah. FileZilla juga memungkinkan Anda melakukan koneksi ulang ke server yang terakhir Anda akses sebelumnya, cukup dengan menekan satu tombol.

Berikut adalah contoh Transfer file FTP menggunakan FIleZilla

1. Jalankan program.

filezilla_html_1c27f518

2. Setelah jendela program terbuka, isikan host dengan nama host atau alamat IP dari host tersebut. Kemudian, isikan Username dan Password-nya yang sesuai agar bisa login ke dalam host tersebut.  Isikan Portnya lalu klik QuickConnect!

3. Setelah berhasil terhubung dengan host, maka transfer data melalui FTP dapat dilakukan.

Image

Membuat Socket : Client-Server

Pada pembahasan ini kita akan membuat sebuah program client-server menggunakan socket dalam bahasa java. dimana dalam program chatting ini, server akan memberikan menu pilhan 1 dan 2. Bila client memilih 1, maka chatting akan terus berlanjut. Jika client memilih 2, maka percakapan pada client berhenti. Dan pada server akan muncul pemberitahuan, “Client telah memutuskan hubungan”. Berikut adalah code program client-server :

a. Client

/* Client

/*

* To change this template, choose Tools | Templates

* and open the template in the editor.

*/

package coba;

import java.io.IOException;

import java.io.ObjectInputStream;

import java.io.ObjectOutputStream;

import java.net.InetAddress;

import java.net.Socket;

import java.net.UnknownHostException;

import java.util.Scanner;

import java.util.logging.Level;

import java.util.logging.Logger;

public class Client {

/**

* @param args the command line arguments1111

*/

public static void main(String[] args) throws IOException, IOException, ClassNotFoundException {

System.out.println(“1. Lanjut\n2. Mutung dech \n”);

while(true)

{

try {

// TODO code application logic here

InetAddress host = InetAddress.getLocalHost();

Socket socket = new Socket(host.getHostName(), 1234);

ObjectOutputStream ngirim = new   ObjectOutputStream(socket.getOutputStream());

Scanner sc = new Scanner(System.in);

String sesuatu =  sc.next();

ngirim.writeObject(sesuatu);

ObjectInputStream nerima = new ObjectInputStream(socket.getInputStream());

String message = (String)nerima.readObject();

System.out.println(message);

nerima.close();

ngirim.close();

socket.close();

if(message.equals(“Memutuskan hubungan kita :3”))

{

break;

}

}

catch (ClassNotFoundException ex) {

Logger.getLogger(Client.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);

} catch (UnknownHostException ex) {

Logger.getLogger(Client.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);

}

}

}

}

b. Server

/*

* To change this template, choose Tools | Templates

* and open the template in the editor.

*/

package coba;

import java.io.IOException;

import java.io.ObjectInputStream;

import java.io.ObjectOutputStream;

import java.net.ServerSocket;

import java.net.Socket;

import java.util.logging.Level;

import java.util.logging.Logger;

public class Server {

/**

* @param args the command line arguments

*/

public static void main(String[] args) throws IOException {

int port=1234;

ServerSocket server = new ServerSocket(port);

while(true){

try {

System.out.println(“Tunggu pesan …..”);

Socket socket = server.accept();

//System.out.println(“Mulai :\n1. Lanjut\n2. Mutung dech \n”);

//System.out.println(“1. Lanjut”);

//System.out.println(“2. Mutung”);

ObjectInputStream ois = new ObjectInputStream(socket.getInputStream());

String sesuatu = (String) ois.readObject();

ObjectOutputStream oos = new ObjectOutputStream(socket.getOutputStream());

if(sesuatu.equals(“1”))

{

oos.writeObject(“Halo lagi apa nich\nMulai :\n1. Lanjut\n2. Mutung dech \n”);

System.out.println(“si Clien mengirimkan : “);

System.out.println(sesuatu);

}

else

{

System.out.println(sesuatu);

System.out.println(“si Clien mengirimkan : “);

oos.writeObject(“Memutuskan hubungan kita :3 “);

//break;

}

} catch (ClassNotFoundException ex) {

Logger.getLogger(Server.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);

} catch (IOException ex) {

Logger.getLogger(Server.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);

}

}

}

Berikut ini adalah hasil dari eksekusi program tersebut

sever

client

Tentang febry amin

seseorang yang selalu ingin kebermanfaatan
Pos ini dipublikasikan di Kuliah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s